Ingat Suzuki, Ingat Yudi

Hubungi Yudi Suzuki

Hubungi Yudi Suzuki

Hubungi Yudi Suzuki sekarang juga untuk mendapatkan informasi tentang diskon, promo dan bonus mobil Suzuki Ertiga, Suzuki Swift, dan mobil Suzuki lainnya.

HP: 0878 398 000 70
HP: 0852 9274 0303
HP: 0812 8195 2229
Whatsapp: 0878 0286 5757
BB: D25DD384

Syarat-syarat Kredit
  • KTP Suami Istri
  • Kartu Keluarga
  • PBB / AJB
  • Fotokopi Buku Tabungan 3 bulan
  • Surat Keterangan Usaha
Ikuti Saya di Media Sosial

Cara Mengurus STNK Hilang Mobil dan Sepeda Motor

Ditulis oleh

Tak perlu cemas saat STNK kendaraan Anda hilang karena ternyata proses pengadaan kembali tak rumit. Hanya dengan Rp 50.000 dan mengurusnya sendiri, STNK baru dari STNK hilang sudah di tangan.

STNK hilang

Agar semakin jelas dan detail, Divisi Humas Polri melansir informasi terkait kehilangan surat-surat kendaraan. Cukup penuhi syarat-syarat dan ikuti prosedur untuk mengurus di samsat terdekat. Intinya, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu syarat-syarat dan prosedur pengurusan.

Untuk syarat-syarat data, siapkan KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi, lalu fotokopi STNK yang hilang, surat keterangan hilang STNK dari polsek atau polres setempat, serta BPKB asli dan fotokopi.

Sedikit tips, ada baiknya membuat copy surat-surat berharga Anda (SIM, KTP, STNK, BPKB) untuk arsip saat barang asli hilang. Untuk STNK, samsat sebenarnya sudah punya arsip untuk mencari kopian data tentang nomor kendaraan Anda. Namun, akan lebih mudah jika Anda sendiri yang memiliki copy surat tersebut.

Setelah mempunyai persyaratan data, ikuti langkah berikut:

1. Cek fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengurus cek blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari samsat.
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bila telah dibayar, maka bebas biaya pajak.
6. Membayar biaya pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Selamat mencoba!

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 173 orang responden